Type something and hit enter

By On
Sipakguru.com, masih dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, kali ini Sipakguru.com akan memberikan penjelasan tentang cerita Fantasi. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Cerita Fantasi ini masuk kedalam materi pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama atau SMP.

Beberapa hal yang sering ditanyakan dalam materi Cerita Fantasi adalah siswa akan diminta untuk menjelaskan unsur-unsur yang ada dalam cerita fantasi. Nah untuk menjawab pertanyaan : Jelaskan Unsur-unsur Cerita Fantasi ! alangkah lebih baik jika anda memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan cerita fantasi.
Cerita Fantasi
Cerita Fantasi

Penjelasan Cerita Fantasi

Secara sederhana makna dari Fantasi adalah Imajinasi atau lebih familiar disebut dengan khayalan, maka dari pengertian Fantasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa; cerita fantasi adalah Sebuah karangan atau tulisan yang berisikan tuturan, mendeskripsikan atau menggambarkan serta membayangkan hal-hal atau kejadian yang di tulis oleh pengarang dan bersifat imajinasi atau khayalan.

Cerita Fantasi ini lebih cenderung kepada cerita rekaan yang sebenarnya cerita tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya. Cerita fantasi ini mempunyai tujuan untuk membangkitkan daya imajinasi pembaca melalui tulisan atau karangan yang hanya bersifat fiksi atau tidak nyata.

Unsur-unsur Cerita Fantasi

Didalam suatu karya sastra termasuk cerita Fantasi tentu saja ada unsur-unsur yang terkait didalamnya. Begitu juga dengan cerita Fantasi, bebera unsur yang terkait dengan pembentukan cerita fantasi diantaranya adalah keajaiban, keanehan, dan kemisteriusan.

Cerita Fantasi yang mempunyai sifat rekaan atau cerita Fiksi kebanyakan ditemukan unsur berupa hal-hal supranatural, kemisteriusan, dan keghaiban. Ketiga unsur tersebut dalam dunia nya memang jarang terjadi, hanya di cerita Fantasi sajalah keajaiban, keanehan dan kemisteriusan itu bisa terjadi.

Pengarang atau penulis cerita Fantasi menciptakan tokoh dan karakter yang tidak ditemukan di dunia nyata, namun bisa juga si pengarang atay penulis cerita fantasi tersebut mengadopsi dan memodifikasi dengan tokoh yang ada di dalam dunia nyata.

Ide cerita Fantasi

Ide atau gagasan munculnya cerita fantasi diciptakan oleh daya imajinasi pengarang. Tujuan pengarang menciptakan daya khayal adalah untuk membawa pembaca ikut serta kedalam cerita fantasi yang telah dibuat si pengarang.

Pengarang Cerita Fantasi lebih cenderung menciptaka ide yang berasal dari cerita-cerita supranatural, biasanya cerita fantasi ini lebih cenderung untuk menceritakan cerita-cerita misteri yang memiliki unsur gaib, supranatural.

Kesaktian

Unsur yang kedua dari Cerita Fantasi adalah terdapatny tokoh yang mempunyai daya kekuatan luar biasa. Hal ini berkaitan dengan tokoh rekaan yang dibuat oleh pengarang, Cerita-cerita Fantasi pada umumnya terdapat tokoh yang mempunyai kekuatan sakti atau kesaktian yang luar biasa, dan tokoh tersebut tidak ada di dalam dunia nyata.

Cerita Fantasi bersifat fiksi

Unsur Cerita Fantasi berikutnya adalah bersifat Fiksi, Fiksi atau rekaan memang itulah tujuan dibuatnya cerita Fantasi. Pengarang akan membuat tulisan atau karangan yang hanya bertujuan untuk membangkitkan daya imajinasi pembaca melalui cerita Fantasi. Ciri Cerita Fantasi yang bersifat Fiksi biasanya mempunyai latar setting tempat dan waktu yang tidak bisa kita temukan di dalam dunia nyata.

Bahasa

Unsur terakhir dari cerita fantasi adalah Bahasa, Bahasa yang digunakan dalam cerita fantasi biasanya pengarang memainkan emosi pembaca dengan bahasa yang variatif, terkadang bahkan bahasa cerita fantasi tersebut tidak dimengerti oleh pembaca itu sendiri misalnya adanyanya mantra-mantra yang diucapkan oleh tokoh-tokoh yang ada di cerita fantasi.

Click to comment