Type something and hit enter

By On
Sipakguru.com, pada postingan kali ini kami akan membahas soal yang selalu muncul pada mata pelajaran Geografi, khususnya tentang pemanfaatan SIG di bidang Irigasi, sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat SIG dalam bidang Irigasi, alangkah baiknya jika kita memahami tentang pengertian dari SIG.

SIG adalah Sistem Informasi Geografis, SIG ini merupakan sistem yang digunakan dan sangat bermanfaat dalam pengelolaan data dan juga memuat tentang informasi keruangan. SIG ini memanfaatkan tekhnologi satelit dan juga Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS.
Manfaat SIG di Bidang Irigasi
Manfaat SIG di Bidang Irigasi

Manfaat SIG untuk Irigasi

SIG sangat memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah pemanfaatan SIG di bidang Irigasi, walapun sebenarnya SIG memiliki keuntungan selain untuk irigasi, SIG bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Beberapa manfaat SIG

Bidang Pertanian

-SIG digunakan untuk menganalisa dan mengkaji keadaan tanah, salah satunya adalah meneliti Erosi Tanah.
- Di bidang pertanian SIG bisa dimanfaatkan untuk menganalisa Serangan Hama Penyakit pada tanaman petani.
- SIG dimanfaatkan untuk menganalisa pembuatan saluran irigasi untuk pengairan.

Manfaat SIG di Bidang Irigasi


  • Membantu Perencanaan pengelola produksi tanaman, SIG dapat digunakan untuk membantu perencanaan pengelolaan sumberdaya pertanian dan perkebunan seperti luas kawasan untuk tanaman, pepohonan, atau saluran air.



  • Pembuatan Aplikasi dengan dasar SIG untuk Irigasi. SIG bisa digunakan untuk membuat aplikasi sig irigasi antara lain meningkatkan pengintegrasian organisasi, membuat keputusan-keputusan lebih sempurna, membantu membuat peta daerah irigasi, manajemen prasarana irigasi, manajemen prasarana irigasi, manajemen transit air

Click to comment